Hider undanganwongjogja

Minggu, 30 Juni 2013

Madu Prebiotik Biojanna ( Bag. 2 )

APA ITU PREBIOTIK 

prebiotik adalah suatu serat pangan yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri dalam usus besar, terutama bakteri baik. Biasanya, prebiotik berupa senyawa karbohidrat, seperti oligosakarida yang secara alami terkandung dalam ASI. Fungsinya adalah meningkatkan pencernaan, mengoptimalkan penyerapan mineral oleh tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga keseimbangan bakteri dalam usus. Sehingga, keberadaan prebiotik mampu memberikan dampak positif bagi tubuh. Sehingga berbagai fungsi di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan tubuh kita pun menjadi sehat.

MENGAPA MADU SEBAGAI PREBIOTIK?

Madu adalah prebiotik karena kandungan oligosakarida nya. Secara umum madu tersusun atas komponen yang sama, tetapi keragaman nektar bunga yang menjadi sumber madu serta spesies lebah madu yang memproduksi madu dari nektar tersebut dapat memberikan keragaman yang unik pada kandungan madu termasuk oligosakarida yang terdapat didalam-nya. Kandungan oligosakarida ini lah yang berperan penting sebagai prebiotik dari madu. Berbagai penelitian pun menunjukkan aktivitas prebiotik dari madu. Bahkan madu memiliki aktivitas prebiotik seperti FOS, GOS dan Inulin.
Selain oligosakarida, ada beberapa faktor lain yang membuat madu memiliki aktivitas prebiotik, antara lain :
  • Kadar gula alami yang tinggi pada madu (glukosa 34%, fruktosa 40,54%, sukrosa 1,9%) mampu menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Madu bersifat asam, mengandung asam formiat, asam malat, asamasetat, asam sitrat, asam suksinat, dengan ph 3-4, yang tidak disukai bakteri jahat.
  • Madu juga memiliki enzim yang yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
  • Madu mengandung senyawa 10-hidro-xide-cen-2-oic acid dan senyawa organik lain yang bersifat antibakteri jahat

MENGAPA MENGKONSUMSI LACTOBACILLUS, Sp.

Lactobacillus sp. adalah genus bakteri gram-positif, anaerobik fakultatif atau mikroaerofilik. Membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat, dapat mengubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Dalam tubuh manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam vagina dan sistem pencernaan, dimana mereka bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus. Produksi asam laktatnya membuat lingkungannya bersifat asam dan mengganggu pertumbuhan beberapa bakteri merugikan.
Lactobacillus, Sp. juga mencegah gangguan pencernaan terutama konstipasi dan diare serta mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. Dapat memberi efek menguntungkan pada induk semang dengan meningkatkan keseimba-ngan mikroorganisme dalam saluran pencernaan. Saluran cerna sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Fungsi utama saluran cerna adalah mencerna dan mengabsorbsi nutrisi agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi. Sehingga pada saluran cerna sehat mukosa usus mampu mengabsorbsi mikronutrien dan menolak toksin dan bakteri patogen. oleh karena itu, diperlukan dominasi bakteri baik di dalam usus dibandingkan dengan bakteri jahat.
Demikian besar manfaat MADU BioJANNA bagi kesehatan kita, tentunya menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga.
BioJANNA menghadirkan MADU PREBIOTIK. Mengandung Bakteri baik, Lactobacillus, Sp. Madu BioJANNA, Akan memasok manfaat probiotik dan prebiotik sekaligus bagi tubuh kita. Kandungan probiotik dalam Madu BioJANNA, merupakan terobosan baru produk madu dan tentunya menjadi nilai lebih tersendiri dari keumuman manfaat madu yang ada.
(Abunajwa, S.Farm.,Apt.